Kamis, 28 Juni 2012

Budget Liburan Kuala Lumpur 2012



Pengalaman pertama saya keluar negeri adalah ke Kuala Lumpur , Malaysia. Waktu pertama kali menginjakkan kaki di Bandara, sepintas kuala lumpur tidak jauh beda dengan Kepulauan Batam. Disepanjang jalan yang kami lalui dari bandara menuju KL banyak terdapat kebun sawit dan struktur tanah yang berbukit-bukit, pemandangan ini benar-benar mengingatkan saya akan pulau Batam. Semoga cerita saya ini dapat menjadi bahan referensi bagi pembacaca dan berharap informasi ini berguna untuk pembaca yang mau liburan bersama teman-teman atau pun keluarga. Hari pertama: Ticket Mdn-KL-Mdn saya beli sejak bulan Oktober 2011 harga Rp 157.000,- untuk sekali jalan, Total PP plus fuel charge dan biaya lain2 sekitar Rp 650.000,-. Airport Tax Dari Bandara Polonia Medan Rp 75.000,-
Selama di KL saya dapat bonus dari XL untuk layanan komunikasi selama 2 hari di KL, cukup lumayan kan...dan sangat bermanfaat untuk bbm, FB dan Twitteran. Sampai di Bandara LCCT, saya dan 2 orang teman saya naik Taxi menuju ke hotel Ongkosnya sekitar 70 RM. memang agak mahal sih, tapi itu dikarenakan letak hotel yang dituju dan sudah termasuk dengan tarif tol. Waktu itu kami menginap di Lotus Hotel letaknya di daerah Mesjid Jamek kuala Lumpur.
Sesampainya di hotel kita langsung chek-in. Untuk Biaya hotel room rate :150 RM/malam, karena kita ber 3 jadi cukup murah untuk dibagi ber tiga , dengan fasilitas ac,tv plasma, shower hot n cool water, pemanas teh/kopi, air mineral, snack dan juga disediakan jasa laundry.
Dan setelah meletakkan tas, saya dan 2 orang teman saya langsung menuju KLCC dengan menggunakan taxi yang banyak mangkal di sepanjang jalan, biayanya sekitar 10 RM itu termasuk murah karena dibagi bertiga.oya lebih baik untuk taxi ditawar saja, karena kalo pakai argo jatuhnya lebih mahal, apalagi kalo lagi traffic.Setelah puas jalan2 dan foto2, kita langsung ke daerah Bukit Bintang yang merupakan salah satu pusat perbelanjaan ternama di KL. Bertepatan juga sewaktu saya disana lagi chinnes new year (imlek)dan kita sempat nonton pertunjukkan barong sai atau liongdi Bukit Bintang. Tapi menurut saya, masih lebih bagus liong di indonesia karena lebih atraktif dan liongnya lebih besar dari yang saya lihat di Kuala lumpur.Tapi kalau untuk dekorasi dan lampu2 saya akui disana lebih bagus dan lebih meriah. Disepanjang jalan seperti hujan lampu-lampu berwarna warni, rasanya betah berlama-lama untuk jalan kaki di sepanjang jalan Bukit Bintang.
abis shopping sewaktu mau balik ke hotel kita ketemu supir taxi yang menawarkan tarif cukup murah plus mengunjungi Factory Outlet Berryl sekitar 15 RM, salah satu FO yang menjual coklat asli Malaysia, setelah belanja coklat kita balik ke hotel untuk istirahat. Hari kedua: Sarapan Roti Canai + teh manis panas disekitar hotel kebetulan gratis karena dapat fasilitas dari hotel, jadi waktu itu kita dikasih voucher utk sarapan di restoran disekitar hotel, terserah tempatnya bisa pilih sendiri Roti canai adalah sejenis Roti india seperti martabak gitu tapi tanpa telur…. Biasanya dimakan pake kuah kari. Selesai sarapan kita langsung ke stasiun MRT utk menuju ke stasiun bus yang menuju Genting High Land.Stasiunnya ga jauh jaraknya dari hotel, tepatnya pas di depan hotel tempat kita menginap, setelah beli karcis seharga 3RM/orang kita langsung menuju tempat pemberhentian MRT yang letaknya agak di atas, tapi jangan khawatir karena disediakan escallator kok jadi ga bakalan capek.
Nah latar belakang foto kita ini stasiun MRT nya dekat kan dari hotel tempat kita nginep, cukup jalan kaki aja, oya kita foto ini pas di depan hotel.. Setelah sampai di stasiun bus, kita beli tiket bus seharga 24 RM for 3 utk menuju genting high land, bus nya bagus kok dan ber ac. Waktu di genting kita sempet shopping dan makan siang di food court bisa milih apa aja, kebetulan tempat makan yang kita pilih itu menu nya prasmanan masakannya mirip masakan indonesia dijamin enak, harganya sekitar 10-15 RM. Perlu untuk diketahui agak susah cari makanan murah di Genting, harap maklum aja karena ini daerah wisata.
Selesai makan siang kita naik Genting skyway, beli tiket pp seharga 15 RM. Untungnya waktu beli tiket dan naik gondolanya kita ga ngantri hehehe….tapi deg2an juga mau naiknya secara saya takut ketinggian. Apalagi pas nyampe puncaknya yang berkabut…oya satu gondola isinya bisa 8 orang, sisi depan 4 orang dan sisi belakang 4 orang.
Hari ketiga: Dimulai dengan sarapan pagi, kali ini saya milih menu nasi lemak+teh manis panas masi berbekal voucher gratis dari hotel …. Dan di restoran ini saya ketemu menu tahu dan tempe serta sayur daun ubi wahh …senangnya serasa makan di rumah aja  Ternyata ada kelebihan biaya dari voucher yang dikasi karena kami terlalu banyak pesan kali yah, ….berhubung abang yang jualan ternyata selidik punya selidik asalnya dari medan juga, akhirnya kami dikasih discount 3 RM hehehhe,,,,lumayan bgt kan. Setelahnya kami balik lagi k KLCC dan Bukit Bintang karena ada yang harus dibeli dan pastinya foto2 karena waktu hari pertama kami ke KLCC cuacanya hujan , Di Bukit Bintang kita sempat nyobain pizza hut ala negeri jiran Malaysia, rasanya not bad lah bedanya saos sambalnya sama sekali ga pedas beda dengan yang di Indonesia rasanya nendang bgt pedas nya. Sebenarnya Saya juga pengen nyobain KFC di KL, menurut teman saya yang pernah kesana sebelumnya, ada beberapa menu yang ga ada di KFC Indonesia, sayangnya niat saya ga kesampaian, maybe next trip kali yah…..:) Kita Sempat beli roti juga buat cemilan seharga 3 RM yah mirip2 breadtalk lah kalo di kita.
Dari KLCC dan Bukit Bintang kita lanjut ke supermarket dekat hotel untuk cari travel bag, kalo ga salah nama supermarketnya meidine, harga2nya cukup terjangkau, oya kalo misalnya kalian punya dana terbatas bisa beli oleh2nya di meidine aja karena harganya bisa 2 x lipat lebih murah dari KLCC atau Bukit Bintang, kayak gantungan kunci, pajangan twin tower, baju dsb, malahan teman saya ada yang beli oleh2 lagi padahal kami uda beli waktu di KLCC, agak kecewa sih karena harganya lebih murah di meidine, kalo misalnya kita perlu koper atau travel bag juga bias beli disini, harganya sangat terjangkau. Waktu balik ke hotel disepanjang jalan yang kami lalui byk orang jualan cemilan kayak gorengan gitu, akhirnya saya dan ke2 teman saya tergoda juga untuk nyobain curry pup, cemilan yang mirip pastel gitu yang isinya kentang, enak juga lho dan pastinya murmer 1 RM dapat 3 buah hehe….
Hari ke empat: Hari terakhir di KL sehabis sarapan kami hanya dikamar aja siap2 packing barang2, check out hotel dan langsung ke bandara untuk penerbangan ke Medan, karena jarak dari KL ke bandara sekitar 1-2 jam. So guys inilah total pengeluaran saya: Day 1: Taxi LCCT-hotel = 70 RM dibagi 3 = 23.3 RM/orang Taxi hotel-KLCC = 10 RM dibagi 3 = 3,3 RM/orang KLCC-BUKIT BINTANG = 3,3 RM/orang Biaya Hotel =100 RM/orang utk 2 malam Makan siang =10 RM/orang Taxi Bukit bintang-FO-Hotel = 15 RM dibagi 3 = 5 RM/orang Total Hari Pertama = 144,9 RM = Rp 434.700 Day 2: Tiket MRT = 6 RM/orang(pp) Tiket Bus = 16 RM/orang (pp) Makan siang = 10 RM/orang Tiket skyway = 15 RM/orang (pp) Air mineral = 2 RM Total hari kedua= 49 RM = Rp 147.000 Day 3: Taxi hotel-KLCC -hotel= 6,6 RM/orang Beli Roti = 3 RM Curry pup = 1 RM Makan siang = 12 RM Total hari ke tiga = 22,6 RM =Rp 67.800 Day 4: Taxi hotel-bandara = 23,3 RM/orang Makan siang = 12 RM Total hari ke empat = 35,3 RM= Rp 105.900 Total seluruhnya = 251.8 RM =Rp 755.400 Cukup terjangkau kan untuk biaya konsumsi+akomodasi+transportasi bahkan masi banyak pilihan tempat yang lebih murah2 lagi disana, pilihan terserah selera masing2… Biaya diatas belum termasuk beli oleh2 dan shopping yah guys…..:), dan kayaknya saya bukan termasuk backpackers sejati tapi lebih tepatnya flashpackers hehehe……

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar